Iklan

Sabtu, 24 September 2011

Patahkan Kaki nya


Dalam keseharian dia menggembalakan domba, memberi mereka makan, membawa
mereka ke padang rumput, dia menemukan seekor domba yang nakal dan memiliki
karakter yang sangat berbeda dengan domba-domba yang lain.

Domba nakal ini selalu memisahkan diri dari teman-temannya. Ketika domba-domba yang lain makan rumput secara berkelompok, dia akan keluar dari kelompoknya dan pergi ke tempat yang dia suka, atau ketika gembalanya sedang menggiring domba-dombanya ke padang rumput, si domba nakal akan lari sendirian ke arah yang berlawanan, jauh dari kelompoknya. Reaksi si gembala adalah selalu mengejar domba nakal ini dan menempatkannya kembali ke kelompoknya. Dan hal ini selalu dia lakukan berulang kali, jadi, bila si domba nakal memisahkan diri, si gembala akan
mengejar dan menggendongnya untuk mengembalikan dia ke kelompoknya.

Gembala ini sabar menghadapi hal ini karena dia juga seorang gembala yang Tuhan percayakan jemaat kepadanya (mungkin juga ada jemaat yang nakal kaya' begini..), tapi setelah berkali-kali hal ini terjadi, si gembala pusing juga ternyata... dan dia mulai menyampaikan hal ini kepada Tuhan dalam doanya.....

"Tuhan,...Engkau adalah seorang Gembala yang baik,..dalam Mazmur, Daud pun
mengilustrasikan Engkau sebagai Gembala yang membawa domba-domba-Mu ke
padang rumput yang hijau. Daud, pada masa mudanyapun adalah seorang gembala
domba dan apa yang dia ungkapkan tentang Engkau, sebagai seorang Gembala, ku
percaya bahwa Daud pun menemukan hal-hal ini ketika dia sedang menggembalakan dombanya. Tuhan,...Engkau Allah yang mengetahui segala sesuatu,...jadi kalo Engkau ada pada posisiku,.... apa yang akan Engkau lakukan dalam menghadapi domba yang nakal ini?"

"Patahkan kakinya..." Kata Tuhan. "Haa....Tuhan,...patahkan kakinya..?(sambil mikir, ko' Tuhan tega amat).
Tanya balik ke Tuhan. Tapi, kembali jawaban Tuhan, "..patahkan kakinya.."
Menyadari bahwa Allah mengetahui segala sesuatu, dia ngikut apa yang Tuhan
suruh dia buat.

Maka, esok harinya, ketika sedang menggembalakan domba, si domba nakal melaku kan kebiasaannya dan si gembala mengangkatnya, sambil berkata dalam hati, "Tuhan,... aku nggak tega, tapi karena Engkau yang suruh aku untuk patahkan kaki nya, maka aku akan patahkan kakinya..."

Si domba nakal merintih kesakitan dan si gembala nggak tahan mendengarnya, hati nya sakit sekali mendengar rintihan itu, namun dia sangat mengasihi domba itu dan dia patuh dengan apa yang Tuhan suruh dia lakukan.

Setelah dia mematahkan kaki si domba nakal, kaki tersebut dia balut. Setiap hari dia menggendong domba nakal itu karena dia nggak bisa jalan. Si domba itupun dirawat olehnya, domba itu makan rumput di samping gembalanya karena bila dia makan rumput dengan teman-temannya - dia akan terinjak, bila sedang berjalan-jalan di padang rumput, si gembala akan menggendongnya.

Inilah yang terjadi,.. setiap kali domba nakal ini haus, dia akan menjilat keringat si gembala yang menggendongnya, kepalanya selalu bersandar pada dada si gembala dan menggosokkan kepalanya di bahu gembala bila sedang berjalan-jalan di padang rumput.
Selama kakinya patah, domba nakal ini sangat bersikap manis dan hampir setiap saat, dia menjilat keringat gembalanya...dia tidak berdaya, sangat bergantung pada gembalanya.
Akhirnya, kakinya pun sembuh. Si gembala membuka balut pada kakinya dan
melepaskannya untuk bermain-main dengan teman-temannya yang lain.


Namun, hal inilah yang terjadi,...dia tidak berlari ke kelompoknya, tapi terus merapat kan dirinya di antara kaki gembalanya,...sehingga si gembala mengangkatnya (dan si domba nakal masih terus menerus menjilat keringat si gembala!) dan harus meletak kan dia di kelompoknya, tapi si domba nakal selalu berlari mengikuti dan merapatkan dirinya kembali ke gembalanya! Si gembala berulang kali melakukan hal ini, tapi, berulang kali pula si domba nakal kembali kepadanya...

Si gembala bingung dengan perilaku domba nakal ini, dan dalam kebingungannya
Tuhan berkata kepadanya, "Itulah yang tidak dimengerti oleh umat-Ku,...ketika Aku membiarkan mereka berbeban berat atau terluka atau Aku ijinkan sesuatu menimpa mereka,...itu adalah untuk membawa mereka mendekat kepada-Ku. Aku melakukan itu untuk membuat mereka mengerti betapa berharganya mereka di hati-Ku,... betapa Aku ingin mereka hidup bergantung hanya pada-Ku, dekat dan intim dengan-Ku. Tapi, seringkali, mereka semakin menjauh ketika hal-hal itu terjadi...."

Gembala itu akhirnya mengerti, mengapa Tuhan menyuruh dia mematahkan kaki domba nakal itu, yaitu untuk menyatakan isi hati-Nya, betapa manusia berharga di hati-Nya dan mengajar dia tentang kerinduan Allah untuk hidup intim dengan umat-Nya, namun, banyak orang yang nggak menyadari hal itu dan Allah mau dia menyata kan itu kepada jemaat-Nya.

Terkadang kita nggak sadar bahwa hal-hal kecil yang kita hadapi setiap hari, adalah proses pembentukan karakter.

Mari kita sama-sama belajar..
"Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai
kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan
rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu; apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati, Aku akan memberi kamu
menemukan Aku, demikianlah firman Tuhan, dan Aku akan memulihkan keadaanmu." {Yeremia 29:11-14b}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar